Raja Ampat, Surga di Papua, Indonesia

Raja Ampat, Surga di Papua, Indonesia

Raja Ampat, Surga di Papua, Indonesia – Kepulauan Raja Ampat surganya tempat wisata, merupakan tidak benar satu ikon objek wisata di Indonesia. merupakan alur empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua . Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi target para penyelam yang tertarik akan keindahan panorama bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yakni Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Raja Ampat, Surga di Papua, Indonesia

raja-ampat-surga-di-papua-indonesia

Letak Kepulauan Raja Ampat adalah di sebelah barat paruh burung pulau Papua. Kabupaten Raja Ampat miliki luas sekitar 881.953 km2 dengan luas daratan hanya sekitar 6.084,50 km2. Jumlah pulau yang berada di dalam lokasi Kabupaten Kepulauan Raja Ampat adalah lebih berasal dari 610 pulau, dengan panjang lokasi garis pesisir pantai lebih berasal dari 753 km. Dari ratusan pulau yang tersebar di kabupaten Raja Ampat hanya 35 pulau saja yang didiami oleh penghuni lokal. (Sumber : Raja Ampat di dalam Angka, 2007).

Kabupaten Raja Ampat terletak terhadap posisi 2º25’ LU – 4º25’ LS dan 130º –
132º55’ BT dan secara administratif miliki batas sebagai berikut :

Sebelah Utara : Samudera Pasifik, berbatasan dengan lokasi Negara Palau

Sebelah Timur : Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Sebelah Selatan : Kabupaten Seram Utara, Provinsi Maluku.

Sebelah Barat : Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal berasal dari seorang wanita yang mendapatkan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan tiap-tiap menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Dalam perjalanan sejarah, lokasi Raja Ampat sudah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan proses kebiasaan Maluku. Dalam proses ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim berasal dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk berasal dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda.

Menurut informasi terpercaya, Raja Ampat merupakan tidak benar satu berasal dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, barangkali terhitung dianggap sebagai nomer satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air terhadap saat ini.

Di Raja Ampat, tersedia sebagian kawasan terumbu karang yang tetap amat baik kondisinya yakni di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe berasal dari terumbu karang yang banyak di temui di Raja Ampat adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai sampai curam terhitung tersedia type atol dan type gosong atau taka. Di sebagian tempat seperti di kampung Saondarek, dikala pasang surut terendah, mampu disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang berikut selalu mampu hidup biarpun berada di udara terbuka dan terkena cahaya matahari langsung.

Surga Terakhir di Dunia, itulah julukan yang diberikan kepada Kepulauan Raja Ampat. Mungkin terkesan berlebihan, namun tidaklah demikianlah bagi anda yang dulu singgah ke sana. Kepulauan Raja Ampat yang terdiri berasal dari gugusan kepulauan besar dan kecil, untaian karang laut, pegunungan, hutan tropis, pantai berpasir putih dan aneka ragam kehidupan satwa di dalamnya sebabkan Raja Ampat miliki panorama alam yang sukar tertandingi keindahannya.

Untaian keindahan alam Raja Ampat terangkai indah bagaikan alur mutiara yang akan mampu mengagumkan siapa saja yang melihatnya. Tidaklah ringan untuk mendapatkan alur kata yang tepat untuk mampu amat melukiskan keindahannya. Pemandangan Raja Ampat adalah panorama alam yang akan sebabkan hati anda bergetar, nafas menjadi tertahan dan kulit anda merinding dikala anda menatapnya. Keindahannya akan mampu sebabkan sebagian berasal dari anda yang untuk menitikkan air mata demi mengagumi betapa megah dan pemurahnya Sang Pencipta memberi tambahan karunia kekayaan alam kepada kepulauan Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *