Destinasi Wisata Pelet Marongge

Destinasi Wisata Pelet Marongge

Destinasi Wisata Pelet Marongge – Aura mistis terasa. Bulu kuduk berdiri, merinding. Tubuh ini berada di antara jejeran makam yang tak tersusun rapi didepan sebuah bangunan, yang termasuk didalamnya terdapat sebagian makam kramat.

Destinasi Wisata Pelet Marongge

destinasi-wisata-pelet-marongge

Makam kampung ini begitu dikramatkan. Kumpulan orang beristirahat di sebuah gubuk. Ada sekitar tidak cukup lebih 10 orang disana. Ada apa gerangan? Komplek kuburan Marongge yang daku (saya) datangi.

Marongge oleh warga Sumedang dikenal sebagai area bagi yang tertarik untuk mendapatkan keampuhan pemikat pengetahuan pelet. Konon, berdasarkan cerita rakyat, pelet Marongge terlampau manjur dan orang yang dituju mampu klepek-klepek terkena api asmara.

Sejak lama, wisata pemikat asmara atau wisata ziarah Marongge yang berlokasi di Desa Marongge, Kecamatan Tomo, Sumedang terlampau populer. Bahkan banyak orang yang mampir berasal dari bermacam area mengunjungi komplek makam ini.

Daku sesungguhnya mampir ke Marongge gara-gara sebuah tugas berasal dari kegiatan marathon menulis yang diadakan oleh Bitread Publishing berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang.

Kegiatan marathon menulis ini diberi judul Writingthon Sumedang, Paradise in West Java yang diadakan sepanjang 3 hari berasal dari 17 s/d 19 desember 2020.

Bukan daku yang mendapat tugas membicarakan Makam Marongge, namun salah-satu peserta Writingthon Sumedang yang bernama Wulan. Kebetulan daku satu kendaraan dengan Wulan dan satu orang peserta lain berasal dari Aceh yang bernama Azrul.

Daku mendapatkan tugas menceritakan instagramable nya Panenjoan dan kampung Buricak Burinong dan Azrul membicarakan keindahan Tanjung Duriat dan Tegal Jarong.

Saat berada disana, jumat, 18 Desember 2020, kami mendengar langsung berasal dari sebagian peziarah yang bersedia memberi keterangan kenapa mereka berkenan mampir ke komplek makam Marongge. Berbagai cerita kami dengar dengan bermacam target ziarah ke Marongge

Bagi yang mampir untuk target mendapatkan khasiat pelet atau pemikat asmara tidaklah mudah. Para pencari ajian pemikat ini mesti melakukan ritual merendam tubuhnya di Sungai Cilutung pada saat tengah malam. Sungai selanjutnya berjarak 400 meter berasal dari wilayah makam keramat, begitu yang disampaikan oleh salah-satu peziarah.

Di akhir ritual, peminat pengetahuan pelet diwajibkan melepas busana didalam masing-masing, selanjutnya menghanyutkannya di sungai. Hal ini merupakan simbol buang sial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *